Organisasi dan Manajemen
- Manajemen erat kaitannya dengan konsep organisasi.
- Manajemen baru mempunyai makna bila diterapkan dalam organisasi.
- Tujuan organisasi berbeda-beda antara organisasi sosial, politik dan bisnis.
- Manajemen membantu organisasi dalam mencapai tujuannya secara efisien dan efektif.
Pengertian Organisasi
- Griffin (2002) mengungkapkan bahwa organisasi sebagai sekumpulan orang/ kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya melalui kerja sama.
- Organisasi adalah sebuah sistem yang bersifat sosio, ekonomis dan teknis. (Kadarman, S.J)
- Sistem : Suatu keseluruhan yang dinamis, terdiri atas bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja menurut aturan, cara dan tujuan tertentu.
- Ekonomis : Kegiatan dalam sistem itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
- Sosio : Yang bergerak dalam sistem & yang menggerakkan sistem itu adalah manusia.
- Teknis : Dalam melakukan kegiatan organisasi diperlukan sumber-sumber daya, peralatan serta prosedur dan metode tertentu.
Kriteria Besar Kecilnya Organisasi
- Jumlah karyawan yang dipekerjakan.
- Besarnya volume penjualan.
- Jumlah pelanggan/ konsumen yang dilayani.
- Luasnya pasar yang dijangkau.
- Besarnya modal yang digunakan.
- Kecanggihan peralatan yang dipakai.
Organisasi dibagi menjadi 4 tipe, yaitu organisasi kecil, menengah, besar dan raksasa.
Pengertian Manajemen
- Manajemen berasal dari kata bahasa Inggris "management" dengan kata asal "to manage" berarti mengelola.
- Dalam arti khusus manajemen dipakai bagi pimpinan dan kepemimpinan, yaitu orang-orang yang melakukan kegiatan memimpin dalam suatu organisasi.
- Manajemen adalah suatu bentuk seni guna melakukan pekerjaan melalui tindakan orang lain. (Mary Parker Follet)
- Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengawasi/ mengendalikan berbagai upaya dari anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya organisasi demi tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
- Manajemen bukan sekedar ilmu, tetapi juga merupakan seni.
Jenjang/ Tingkatan Manajemen
- Manajemen Puncak (Top Manager) : Seseorang/ beberapa orang yang memegang jabatan tertinggi dalam organisasi. Dia/ mereka bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap manajemen organisasi yang bersangkutan. Tugasnya menetapkan kebijakan strategis dan mengarahkan organisasi dalam berinteraksi dengan lingkungannya baik mikro maupun makro. Contoh : Rektor, Direktur, CEO, Presiden.
- Manajemen Menengah (Middle Manager) : Seseorang/ beberapa orang yang berada di bawah manajemen puncak masih membawahi manajemen yang lain. Dia/ mereka bertanggung jawab untuk pengarahan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengimplementasikan kebijakan organisasi dan mencari keseimbangan antara tuntutan atasannya dengan kemampuan para bawahannya.
- Manajemen Tingkat Pertama (Lini Pertama/ First-Line Manager) : Seseorang/ beberapa orang yang berada di tingkat paling bawah dalam hirarki organisasi. Ia/ mereka langsung membawahi para karyawan operasional. Mereka bertanggung jawab terhadap kelancaran pekerjaan para karyawan. (supervisor/ mandor).
Keahlian yang Diperlukan
- Keahlian Konseptual : Kemampuan untuk mengkoordinasikan dan memadukan berbagai kepentingan dan kegiatan organisasi sebagai suatu keseluruhan dan memahami bagaimana perubahan pada setiap bagian dapat memengaruhi keseluruhan organisasi.
- Keahlian Manusiawi : Kemampuan untuk bekerja sama, berkomunikasi, mendengarkan dan memotivasi orang lain baik sebagai individu maupun kelompok.
- Keahlian Teknis : Kemampuan menggunakan alat-alat, prosedur, dan teknik suatu bidang yang khusus.
Dalil Keahlian Manajemen
- Semakin tinggi kedudukan seorang manajer, semakin banyak dibutuhkan keterampilan konseptual dan semakin sedikit dibutuhkan keterampilan teknis dan sebaliknya.
- Semakin rendah kedudukan seorang manajer, semakin banyak dibutuhkan keterampilan teknis dan semakin sedikit dibutuhkan keterampilan konseptualnya.
- Semakin tinggi kedudukan seorang manajer mereka hendaknya menjadi seorang generalis dan memiliki kemampuan berpikir abstrak, sebaliknya semakin rendah kedudukan seorang manajer mereka hendaknya menjadi seorang spesialis dan mampu berpikir kongkrit.
- Pada posisi apapun seorang manajer mereka semua harus memiliki keterampilan manusiawi yang sama besar porsinya.
Komentar
Posting Komentar